Mata
pelajaran : PLH
Kelas : XI IPA / IPS
Program : Muatan Lokal
Semester : I
DESKRIPSI PLH :
Mata pelajaran ini mengkaji,
menganalisa tentang pendidikan Adiwiyata, lingkungan sehat, lingkungan hidup,
serta segala persoalan yang ada kaitannya dengan kejadian kehidupan di Bumi.
Asal usul kehidupan ekosistem kebutuhan manusia Interaksi manusia dengan
lingkungan, etika lingkungan, IPTEK serta SDA, beserta aplikasinya dalam
kehidupan.
1.
Mempelajari
konsep-konsep dasar dan memiliki wawasan serta pengaplikasian dalam kehidupan nilai-nilai
lingkungan hidup
KD
|
MATERI POKOK
|
PENGALAMAN BELAJAR
|
INDIKATOR
|
Tahap Berpikir
|
KARAKTER BANGSA, DLL
|
METODE ASSESSMENT
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER
|
1.1
1.1 Menerapkan aturan sekolah ADIWIYATA dan lingkungan sehat
|
1.
Konsep dasar Adiwiyata
2.
Lingkungan sekolah sehat
|
-
Mendiskusikan pertanyaan
mengenai konsep konsep Adiwiyata
-
Mendiskusikan mengenai definisi
lingkungan sekolah sehat, kegiatan pembinaan sekolah sehat (minimal 5), cara
melaksanakan program lingkungan sekolah sehat (minimal 5)
-
Membuat denah sekolah sehat dan
denah rumah sehat
-
Melakukan kegiatan kebersihan di
sekolah
|
1.
Menjelaskan pengertian Adiwiyata
2.
Menyebutkan tujuan program
sekolah Adiwiyata
3.
Menyebutkan prinsip-prinsip
dasar dan komponen program sekolah Adiwiyata
4.
Menyebutkan keuntungan mengikuti program sekolah
Adiwiyata
5.
Menjelaskan pengertian
lingkungan sekolah sehat
6.
Menyebutkan kegiatan-kegiatan
yang termasuk dalam pembinaan lingkungan sekolah sehat
7.
Melakukan kegiatan-kegiatan yang
termasuk dalam pembinaan lingkungan sekolah sehat
8.
Menyebutkan beberapa cara
melaksanakan lingkungan sekolah sehat
9.
Melakukan beberapa kegiatan cara
melaksanakan lingkungan sekolah sehat
|
C1
C2
C1
C3
C3
C3
C4
C3
C3
C2
C2
|
-
Bersahabat/
Komunikatif
-
Live
curios
-
Gemar
membaca
-
Tanggung
jawab
-
Kerja
keras
-
Peduli
lingkungan
-
Aplikatif
dg pengetahuanya ttg lingkungan
- Berkeinginan membimbing dan
mengarahkan lingkungan sekitar
-
Kreatif
unt menerapkan dan pemanfaatan
- Adaptif terhadap perubahan demi
keselamatan lingkungan yg sehat
|
·
Penilaian
tidak terstruktur:
-
Penilaian proses pelajar peserta
didik
·
Proyek foto/ kliping
sekolah adiwiyata Penilaian terstruktur:
-
Penilaian test lisan atau
tertulis berupa subyektif test.
|
16 JP
|
Sumber Belajar :
Kementrian Negara lingkungan hidup. 2009. Wujudkan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Jakarta: Badan
Lingkungan Hidup provinsi jawa timur
Tim Pembina
UKS. 2007. Bina Usia Sekolah.
Situbondo: SMAN 2 Situbondo
Alat /
Media, OHP, Video ttg ekosistem
Gambar atau diagram ttg rantai makanan atau rantai energi
|
1.2
1.2 Mempelajari proses
terbentuknya ekosistem dalam hubungannya dengan proses terbentuknya kehidupan
di bumi
|
-
Konsep dasar terjadinya Asal
usul kehidupan di bumi.
-
Terjadinya ekosistem darat
|
-
Mendiskusikan konsep sebagai
teori asal usul terjadinya kehidupan bumi dan terjadinya ekosistem darat.
-
Mendiskusikan tentang terjadinya
ekosistem, aliran energi dalam ekosistem
-
Lencari dan mengumpulkan
informasi berbagai bioma/ ekosistem darat
|
10.
Menjelaskan teori tentang
terjadinya kehidupan di bumi
11.
Menggali informasi tentang teori
asal usul kehidupan
12.
Menggali informaii terjadinya
ekosistem darat
13.
Merinci konponen ekosistim
(produsen, konsumen, pengurai)
14.
Menjelaskan macam-macam
ekosistem beserta komponennya
|
C1
C2
C2
C2
C2
|
·
Penilaian tidak terstruktur:
-
Penilaian
proses pelajar peserta didik
-
Proyek
membuat laporan video born earth dan home bagian awal
·
Penilaian terstruktur:
-
Penilaian
test lisan atau tertulis berupa subyektif test
|
6
JP
|
||
1.3 Menjelaskan
1.3
pengertian ekosistem beserta
konsep-konsep yang terkandung di dalamnya serta menyadari kedudukan manusia
dalam ekosistem..
|
Ø Interaksi makhluk hidup dan lingkungannya
Ø Hukum daya dukung lingkungan
Ø Kedudukan manusia dalam ejosistem (lingkungan fisik / alam
lingkungan buatan / binaan, lingkungan sosial).
Ø peranan manusia sbg:
- Makhluk dominan secara ekologi
- Makhluk pengendali ekosistem
- Makhluk perampas ekosistem
-
Makhluk
penyebab evolusi
|
Memberikan tugas terhadap persoalan-persoalan aktual yang berkaitan
dengan kehancuran ekosistem
Mendiskusikan posisi serta peran manusia dalam ekosistem
Guru
memberikan LKPD kepada siswa dengan pertanyaan sebagai berikut:
1.
Jelaskan
yang dimaksud dengan:
a.
Manusia
sebagai makhluk dominan secara ekologi
b.
Manusia sebagai
makhluk pengendali ekosistem
c.
Manusia
sebagai makhluk perampas ekosistem
d.
Manusia
sebagai makhluk penyebab evolusi
2.
Jelaskan
contoh pengelolaan SDA yang dimanfaatkan manusia di bidang:
a.
Kelautan;
Kehutanan
3.
SDE
dikelompokkan menjadi SDE gheothermal, sinar matahari dan nuklir. Jelaskan
dampak positif dari masing-masing SDE tersebut dan dampak negative jika ada
serta berikan solusinya!
- Peserta didik mempresentasikan hasil observasi lapangan secara
bergiliran
|
15.
Menjelaskan tentang terjadinya
ekosistem.
16.
Menjelaskan fungsi komponen
ekosistem (produsen, konsumen, pengurai).
17.
Menelaah aliran energi dalam
ekosistem (rantai makanan, jaring-jaring makanan, Piramida makanan, dan
siklus materi).
18.
Menjelaskan hukum daya dukung
lingkungan.
19.
Menjelaskan tentang lingkungan
alami, binaan dan sosial.
20.
Menjelaskan peranan manusia
sebagai:
a.
Makhluk dominan secara ekologi
b.
Makhluk pengendali ekosistem
c.
Makhluk perampas ekosistem
d.
Makhluk penyebab evolusi
|
C1
C2
C3
C 2
C2
C2
|
·
Penilaian tidak terstruktur:
-
Penilaian
proses pelajar peserta didik
-
Pemberian
tugas pembuatan makalah tentang peranan manusia dalam ekosistem
-
tugas
observasi lingkungan dg topic”lingk.
binaan/buatan yang berdampak terhadap lingkungan hidup”.
·
Penilaian terstruktur:
-
Penilaian
test lisan atau tertulis berupa subyektif test.
|
8
JP
|
Mengetahui,
Kepala
SMU Negeri 2 Situbondo,
Dra.
Endang Wiji Lestari
NIP.19561219
198103 2 005
|
Situbondo,
9 Juli 2012
Guru
Mata Pelajaran,
Wasiqotul Himah, S.Pd
NIIP.
19711019 199401 2 002
|
S I L A B U S
Mata pelajaran : PLH
Kelas : XI
IPA / IPS
Program : Muatan Lokal
Semester : II
DESKRIPSI PKLH :
Mata pelajaran ini mengkaji,
menganalisa tentang pendidikan kependudukan, lingkungan hidup, serta segala
persoalan yang ada kaitannya dengan kejadian Bumi. Asal usul kehidupan
ekosistem kebutuhan manusia Interaksi manusia dengan lingkungan, etika
lingkunga, IPTEK serta SDA, beserta aplikasinya dalam kehidupan.
2. Mempelajari hubungan antara ekosistem dengan perkembangan IPTEK,
terhadap perubahan lingkunan serta pemanfaatan sumber daya alam oleh manusia
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
PENGALAMAN BELAJAR
|
INDIKATOR
|
Tahap berpikir
|
KARAKTER BANGSA, DLL
|
METODE ASSESSMENT
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER
|
|
2.1
Mempelajari konsep dasar IPTEK dan Dampaknya
pada Lingkungan
Hidup
|
Konsep dasar tentang:
- IPTEK
- Perkembangan
IPTEK
- Dampak
IPTEK terhadap lingkungan hidup
|
Mendiskusikan :
-
Latar Belakang IPTEK
-
Perkembangan IPTEK
- Dampak
IPTEK terhadap lingkungan hidup
|
1.
Menjelaskan pengertian IPTEK
2.
Menggali informasi tentang
perkembangan IPTEK
3.
Menelaah dampak IPTEK terhadap
lingkungan hidup
4.
Memecahkan masalah dampak IPTEK
terhadap lingkungan hidup
|
C1
C2
C3
C3
|
· Bersahabat/Komunikatif
· Live curios
· Gemar
membaca
· Tanggung
jawab
· Kerja keras
· Peduli
lingkungan
· Aplikatif
dg pengetahuanya ttg lingkungan
· Berkeinginan
membimbing dan mengarahkan lingkungan sekitar
· Kreatif unt
menerapkan dan pemanfaatan
· Adaptif
terhadap perubahan demi keselamatan lingkuan yg sehat
|
·
Penilaian tidak terstruktur:
-
Penilaian proses pelajar peserta didik
Proyek
membuat laporan video home
·
Penilaian terstruktur:
-
Penilaian test lisan atau tertulis berupa subyektif test.
|
16 JP
|
Sumber
Belajar :
Kementrian
Negara lingkungan hidup. 2009. Wujudkan
Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Jakarta: Badan Lingkungan Hidup
provinsi jawa timur
Tim
Pembina UKS. 2007. Bina Usia Sekolah.
Situbondo: SMAN 2 Situbondo
Alat /
Media, OHP, Video
|
S I L A B U S
Mata pelajaran : PLH
Kelas : XI IPA / IPS
Program : Muatan Lokal
Semester : II
DESKRIPSI PKLH :
Mata pelajaran ini mengkaji,
menganalisa tentang pendidikan kependudukan, lingkungan hidup, serta segala
persoalan yang ada kaitannya dengan kejadian Bumi. Asal usul kehidupan
ekosistem kebutuhan manusia Interaksi manusia dengan lingkungan, etika
lingkunga, IPTEK serta SDA, beserta aplikasinya dalam kehidupan.
3.
Mempelajari hubungan anntara ekosistem dengan perkembangan IPTEK,
terhadap perubahan lingkungan serta pemanfaatan sumber daya alam oleh manusia.
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
PENGALAMAN BELAJAR
|
INDIKATOR
|
Tahap berpikir
|
KARAKTER BANGSA, DLL
|
METODE ASSESSMENT
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER
|
3.1Mempelajari konsep dasar Etika
lingkungan hidup.
|
Konsep dasar tentang :
-
Etika Lingkungan
-
Hukum Lingkungan
-
Paradigma Etika lingkungan baru
|
Mendiskusikan :
-
Etika Lingkungan
-
Hukum Lingkungan
-
Paradigma Etika lingkungan baru
|
1.
Menjelaskan arti moral dan etika
untuk memecahkan masalah lingkungan
2.
Mengaitkan prinsip-prinsip etika
lingkungan dengan ekologi sebagai dasar hukum lingkungan
3.
Menyelidiki penerapan undang-undang
lingkungan pada perusahaan dan sumber-sumber kerusakan ekologi
|
C1
C2
C3
|
·
Bersahabat/Komunikatif
·
Live
curios
·
Gemar
membaca
·
Tanggung
jawab
·
Kerja
keras
·
Peduli
lingkungan
·
Aplikatif
dg pengetahuanya ttg lingkungan
·
Berkeinginan
membimbing dan mengarahkan lingkungan sekitar
·
Kreatif
unt menerapkan dan pemanfaatan
·
Adaptif
terhadap perubahan demi keselamatan lingkuan yg sehat
|
·
Penilaian tidak terstruktur:
·
Penilaian proses pelajar peserta didik Penilaian terstruktur:
-
Penilaian test lisan atau tertulis berupa subyektif test.
|
12 JP
|
Sumber Belajar :
Kementrian Negara lingkungan hidup. 2009. Wujudkan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Jakarta: Badan
Lingkungan Hidup provinsi jawa timur
Tim Pembina
UKS. 2007. Bina Usia Sekolah.
Situbondo: SMAN 2 Situbondo
Alat /
Media, OHP, Video
|
3.2 Mempelajari konsep dasar tentang
Sumber Daya Alam dan masa depan manusia.
|
Pertemuan
I:
1.
Membahas
pengertian sumber daya alam dan macam sumber daya alam
2.
Membahas
permasalahan SDA dan pengelolaan SDA.
Pertemuan
II
3.
Membahas
pengertian energi alternatif dan macam-macam energi alternatif.
Pertemuan
III:
Membahas
masalah pengertaian Biotekhnologi dan rekayasa genetika serta manfaatnya di
bidang pangan dan pertanian, kesehatan dan kedokteran, informasi dan
lingkungan
|
Mendiskusikan
SDA dan macam-macamnya
Mendiskusikan
bermacam permasalahan SDA Serta pengelolaannya
Mendiskusikan
pengertian energi alternatif dan macam-macam energi alternative
Mendiskusikan
masalah pengertaian Biotekhnologi dan rekayasa genetika serta manfaatnya di
bidang pangan dan pertanian, kesehatan dan kedokteran, informasi dan
lingkungan.
|
1.
Menjelaskan konsep sumber daya
alam.
2.
Menerangkan macam-macam sumber
daya alam.
3.
Menelaahan permasalahan sumber
daya alam.
4.
Menjelaskan pengelolaan sumber
daya alam.
5.
Menjelaskan pengelolaan sumber daya alam.
a.Sumber
Daya Alam alternatif
b.Biotekhnologi
dan rekayasa genetika
|
C1
C2
C3
C
2
|
·
Penilaian tidak terstruktur:
-
Penilaian proses pelajar peserta didik
·
Penilaian terstruktur:
·
Penilaian test lisan atau tertulis berupa subyektif test.
|
10 JP
|
Kepala
SMU Negeri 2 Situbondo,
Dra.
Endang Wiji Lestari
NIP.19561219
198103 2 005
|
Situbondo,
7 Januari 2013
Guru
Mata Pelajaran,
Wasiqotul Himah, S.Pd
NIIP.
19711019 199401 2 002
|
0 komentar:
Posting Komentar