Pengumuman Kelulusan Smada Prima diawali dengan Penanaman Pohon sebagai bentuk sekolah Adiwiyata

SELAMAT DATANG DI SMA NEGERI 2 SITUBONDO

Jl. Anggrek No. 1 Situbondo---0338-671618---smadasit@yahoo.com.

Taman Smada Prima dan GreenHouse

Belajar menjadi lebih asyik dan menyenangkan.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

JumatBersih

Kegiatan yang dilaksanakan setiap jumat, dengan membersihkan lingkungan sekloah dan sekitarnya.

Jumat Bersih

Kegiatan yang dilaksanakan setiap jumat, dengan membersihkan lingkungan sekloah dan sekitarnya.

Minggu, 27 Januari 2013

silabus




SILABUS
                                   Mata pelajaran       :           PLH
                                   Kelas                          :           XI IPA / IPS
                                   Program                   :           Muatan Lokal
                                   Semester                  :           I
DESKRIPSI PLH :
Mata pelajaran ini mengkaji, menganalisa tentang pendidikan Adiwiyata, lingkungan sehat, lingkungan hidup, serta segala persoalan yang ada kaitannya dengan kejadian kehidupan di Bumi. Asal usul kehidupan ekosistem kebutuhan manusia Interaksi manusia dengan lingkungan, etika lingkungan, IPTEK serta SDA, beserta aplikasinya dalam kehidupan.

1.       Mempelajari konsep-konsep dasar dan memiliki wawasan serta pengaplikasian dalam kehidupan nilai-nilai lingkungan hidup

KD
MATERI POKOK
PENGALAMAN BELAJAR
INDIKATOR
Tahap Berpikir
KARAKTER BANGSA, DLL
METODE ASSESSMENT
ALOKASI WAKTU
SUMBER
1.1    1.1 Menerapkan aturan  sekolah ADIWIYATA dan lingkungan sehat
1.   Konsep dasar Adiwiyata
2.   Lingkungan sekolah sehat

-      Mendiskusikan pertanyaan mengenai konsep konsep Adiwiyata
-      Mendiskusikan mengenai definisi lingkungan sekolah sehat, kegiatan pembinaan sekolah sehat (minimal 5), cara melaksanakan program lingkungan sekolah sehat (minimal 5)
-      Membuat denah sekolah sehat dan denah rumah sehat
-      Melakukan kegiatan kebersihan di sekolah
1.   Menjelaskan pengertian Adiwiyata
2.   Menyebutkan tujuan program sekolah Adiwiyata
3.   Menyebutkan prinsip-prinsip dasar dan komponen program sekolah Adiwiyata
4.   Menyebutkan  keuntungan mengikuti program sekolah Adiwiyata   
5.   Menjelaskan pengertian lingkungan sekolah sehat
6.   Menyebutkan kegiatan-kegiatan yang termasuk dalam pembinaan lingkungan sekolah sehat
7.   Melakukan kegiatan-kegiatan yang termasuk dalam pembinaan lingkungan sekolah sehat
8.   Menyebutkan beberapa cara melaksanakan lingkungan sekolah sehat
9.   Melakukan beberapa kegiatan cara melaksanakan lingkungan sekolah sehat
C1
C2

C1

C3
C3
C3

C4

C3

C3

C2

C2

-      Bersahabat/ Komunikatif
-      Live curios
-      Gemar membaca
-      Tanggung jawab
-      Kerja keras
-      Peduli lingkungan
-      Aplikatif dg pengetahuanya ttg lingkungan
-      Berkeinginan membimbing dan mengarahkan lingkungan sekitar
-      Kreatif unt menerapkan dan pemanfaatan
-      Adaptif terhadap perubahan demi keselamatan lingkungan yg sehat
·       Penilaian tidak terstruktur:
-        Penilaian proses pelajar peserta didik
·       Proyek foto/ kliping sekolah adiwiyata Penilaian terstruktur:
-        Penilaian test lisan atau tertulis berupa subyektif test.   

16 JP
Sumber Belajar :
Kementrian Negara lingkungan hidup. 2009. Wujudkan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Jakarta: Badan Lingkungan Hidup provinsi jawa timur
Tim Pembina UKS. 2007. Bina Usia Sekolah. Situbondo: SMAN 2 Situbondo
Alat / Media, OHP, Video ttg ekosistem
Gambar atau diagram ttg rantai makanan atau rantai energi
1.2    1.2 Mempelajari proses terbentuknya ekosistem dalam hubungannya dengan proses terbentuknya kehidupan di bumi
-      Konsep dasar terjadinya Asal usul kehidupan di bumi.
-      Terjadinya ekosistem darat
-      Mendiskusikan konsep sebagai teori asal usul terjadinya kehidupan bumi dan terjadinya ekosistem darat.
-      Mendiskusikan tentang terjadinya ekosistem, aliran energi dalam ekosistem
-      Lencari dan mengumpulkan informasi berbagai bioma/ ekosistem darat
10.                 Menjelaskan teori tentang terjadinya kehidupan di bumi
11.                 Menggali informasi tentang teori asal usul kehidupan
12.                 Menggali informaii terjadinya ekosistem darat
13.                 Merinci konponen ekosistim (produsen, konsumen, pengurai)
14.                 Menjelaskan macam-macam ekosistem  beserta komponennya
C1

C2

C2
C2


C2
·       Penilaian tidak terstruktur:
-        Penilaian proses pelajar peserta didik
-        Proyek membuat laporan video born earth dan home bagian awal
·       Penilaian terstruktur:
-        Penilaian test lisan atau tertulis berupa subyektif test
6 JP
1.3 Menjelaskan
1.3    pengertian ekosistem beserta konsep-konsep yang terkandung di dalamnya serta menyadari kedudukan manusia dalam ekosistem..
Ø Interaksi makhluk hidup dan lingkungannya
Ø Hukum daya dukung lingkungan 

Ø Kedudukan manusia dalam ejosistem (lingkungan fisik / alam lingkungan buatan / binaan, lingkungan sosial).
Ø peranan manusia sbg:
-      Makhluk dominan secara ekologi
-      Makhluk pengendali ekosistem
-      Makhluk perampas ekosistem
-      Makhluk penyebab evolusi
Memberikan tugas terhadap persoalan-persoalan aktual yang berkaitan dengan kehancuran ekosistem

Mendiskusikan posisi serta peran manusia dalam ekosistem

Guru memberikan LKPD kepada siswa dengan pertanyaan sebagai berikut:
1.   Jelaskan yang dimaksud dengan:
a.     Manusia sebagai makhluk dominan secara ekologi
b.     Manusia sebagai makhluk pengendali ekosistem
c.      Manusia sebagai makhluk perampas ekosistem
d.     Manusia sebagai makhluk penyebab evolusi
2.   Jelaskan contoh pengelolaan SDA yang dimanfaatkan manusia  di bidang:
a.        Kelautan; Kehutanan
3.   SDE dikelompokkan menjadi SDE gheothermal, sinar matahari dan nuklir. Jelaskan dampak positif dari masing-masing SDE tersebut dan dampak negative jika ada serta berikan solusinya!
-      Peserta didik mempresentasikan hasil observasi lapangan secara bergiliran
15.                 Menjelaskan tentang terjadinya ekosistem.
16.                 Menjelaskan fungsi komponen ekosistem (produsen, konsumen, pengurai).
17.                 Menelaah aliran energi dalam ekosistem (rantai makanan, jaring-jaring makanan, Piramida makanan, dan siklus materi).
18.                 Menjelaskan hukum daya dukung lingkungan.
19.                 Menjelaskan tentang lingkungan alami, binaan dan sosial.
20.                 Menjelaskan peranan manusia sebagai:
a.        Makhluk dominan secara ekologi
b.       Makhluk pengendali ekosistem
c.        Makhluk perampas ekosistem
d.       Makhluk penyebab evolusi
C1

C2

C3


C 2
C2

C2
·    Penilaian tidak terstruktur:
-        Penilaian proses pelajar peserta didik
-        Pemberian tugas pembuatan makalah tentang peranan manusia dalam ekosistem
-        tugas observasi lingkungan dg topic”lingk. binaan/buatan yang berdampak terhadap lingkungan hidup”. 
·    Penilaian terstruktur:
-        Penilaian test lisan atau tertulis berupa subyektif test.
8 JP

Mengetahui,
Kepala SMU Negeri 2 Situbondo,




Dra. Endang Wiji Lestari
NIP.19561219 198103 2 005

Situbondo, 9 Juli 2012
Guru Mata Pelajaran,




Wasiqotul Himah, S.Pd
NIIP. 19711019 199401 2 002




S I L A B U S
Mata pelajaran             :               PLH
Kelas                                 :               XI IPA / IPS
Program                          :               Muatan Lokal
Semester                        :               II
DESKRIPSI PKLH :
Mata pelajaran ini mengkaji, menganalisa tentang pendidikan kependudukan, lingkungan hidup, serta segala persoalan yang ada kaitannya dengan kejadian Bumi. Asal usul kehidupan ekosistem kebutuhan manusia Interaksi manusia dengan lingkungan, etika lingkunga, IPTEK serta SDA, beserta aplikasinya dalam kehidupan.

2. Mempelajari hubungan antara ekosistem dengan perkembangan IPTEK, terhadap perubahan lingkunan serta pemanfaatan sumber daya alam oleh manusia





KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
PENGALAMAN BELAJAR
INDIKATOR
Tahap berpikir
KARAKTER BANGSA, DLL
METODE ASSESSMENT
ALOKASI WAKTU
SUMBER

2.1 Mempelajari konsep dasar IPTEK dan Dampaknya pada Lingkungan Hidup

Konsep dasar tentang:
-    IPTEK
-    Perkembangan
IPTEK
-    Dampak IPTEK terhadap lingkungan hidup

Mendiskusikan :
-    Latar Belakang IPTEK
-    Perkembangan IPTEK
-    Dampak IPTEK terhadap lingkungan hidup

1.       Menjelaskan pengertian IPTEK
2.       Menggali informasi tentang perkembangan IPTEK
3.       Menelaah dampak IPTEK terhadap lingkungan hidup
4.       Memecahkan masalah dampak IPTEK terhadap lingkungan hidup

C1
C2
C3


C3
·    Bersahabat/Komunikatif
·    Live curios
·    Gemar membaca
·    Tanggung jawab
·    Kerja keras
·    Peduli lingkungan
·    Aplikatif dg pengetahuanya ttg lingkungan
·    Berkeinginan membimbing dan mengarahkan lingkungan sekitar
·    Kreatif unt menerapkan dan pemanfaatan
·   Adaptif terhadap perubahan demi keselamatan lingkuan yg sehat
·     Penilaian tidak terstruktur:
-          Penilaian proses pelajar peserta didik
Proyek membuat laporan video home
·     Penilaian terstruktur:
-          Penilaian test lisan atau tertulis berupa subyektif test.

16 JP
Sumber Belajar :
Kementrian Negara lingkungan hidup. 2009. Wujudkan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Jakarta: Badan Lingkungan Hidup provinsi jawa timur
Tim Pembina UKS. 2007. Bina Usia Sekolah. Situbondo: SMAN 2 Situbondo
Alat / Media, OHP, Video




S I L A B U S
Mata pelajaran             :               PLH
Kelas                                 :               XI IPA / IPS
Program                          :               Muatan Lokal
Semester                        :               II
DESKRIPSI PKLH :
Mata pelajaran ini mengkaji, menganalisa tentang pendidikan kependudukan, lingkungan hidup, serta segala persoalan yang ada kaitannya dengan kejadian Bumi. Asal usul kehidupan ekosistem kebutuhan manusia Interaksi manusia dengan lingkungan, etika lingkunga, IPTEK serta SDA, beserta aplikasinya dalam kehidupan.

3.  Mempelajari hubungan anntara ekosistem dengan perkembangan IPTEK, terhadap perubahan lingkungan serta pemanfaatan sumber daya alam oleh manusia.
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
PENGALAMAN BELAJAR
INDIKATOR
Tahap berpikir
KARAKTER BANGSA, DLL
METODE ASSESSMENT
ALOKASI WAKTU
SUMBER
3.1Mempelajari konsep dasar Etika lingkungan hidup.

Konsep dasar tentang :
-        Etika Lingkungan
-        Hukum Lingkungan
-        Paradigma Etika lingkungan baru 

Mendiskusikan :
-        Etika Lingkungan
-        Hukum Lingkungan
-        Paradigma Etika lingkungan baru

1.       Menjelaskan arti moral dan etika untuk memecahkan masalah lingkungan
2.       Mengaitkan prinsip-prinsip etika lingkungan dengan ekologi sebagai dasar hukum lingkungan
3.        Menyelidiki penerapan undang-undang lingkungan pada perusahaan dan sumber-sumber kerusakan ekologi
C1

C2

C3

·    Bersahabat/Komunikatif
·    Live curios
·    Gemar membaca
·    Tanggung jawab
·    Kerja keras
·    Peduli lingkungan
·    Aplikatif dg pengetahuanya ttg lingkungan
·    Berkeinginan membimbing dan mengarahkan lingkungan sekitar
·    Kreatif unt menerapkan dan pemanfaatan
·    Adaptif terhadap perubahan demi keselamatan lingkuan yg sehat

·     Penilaian tidak terstruktur:
·     Penilaian proses pelajar peserta didik Penilaian terstruktur:
-          Penilaian test lisan atau tertulis berupa subyektif test.
12 JP
Sumber Belajar :
Kementrian Negara lingkungan hidup. 2009. Wujudkan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Jakarta: Badan Lingkungan Hidup provinsi jawa timur
Tim Pembina UKS. 2007. Bina Usia Sekolah. Situbondo: SMAN 2 Situbondo
Alat / Media, OHP, Video
3.2 Mempelajari konsep dasar tentang Sumber Daya Alam dan masa depan manusia.
Pertemuan I:
1.        Membahas pengertian sumber daya alam dan macam sumber daya alam
2.        Membahas permasalahan SDA dan pengelolaan SDA. 
Pertemuan II
3.        Membahas pengertian energi alternatif dan macam-macam energi alternatif.
Pertemuan III:
Membahas masalah pengertaian Biotekhnologi dan rekayasa genetika serta manfaatnya di bidang pangan dan pertanian, kesehatan dan kedokteran, informasi dan lingkungan
Mendiskusikan SDA dan macam-macamnya

Mendiskusikan bermacam permasalahan SDA Serta pengelolaannya

Mendiskusikan pengertian energi alternatif dan macam-macam energi alternative
Mendiskusikan masalah pengertaian Biotekhnologi dan rekayasa genetika serta manfaatnya di bidang pangan dan pertanian, kesehatan dan kedokteran, informasi dan lingkungan.
1.      Menjelaskan konsep sumber daya alam.
2.      Menerangkan macam-macam sumber daya alam.
3.      Menelaahan permasalahan sumber daya alam.
4.      Menjelaskan pengelolaan sumber daya alam. 
5.      Menjelaskan pengelolaan sumber daya alam.
a.Sumber Daya Alam alternatif
b.Biotekhnologi dan rekayasa genetika
C1
C2
C3
C 2
·     Penilaian tidak terstruktur:
-      Penilaian proses pelajar peserta didik
·     Penilaian terstruktur:
·     Penilaian test lisan atau tertulis berupa subyektif test.
10 JP

Mengetahui,
Kepala SMU Negeri 2 Situbondo,




Dra. Endang Wiji Lestari
NIP.19561219 198103 2 005

Situbondo, 7 Januari 2013
Guru Mata Pelajaran,




Wasiqotul Himah, S.Pd
NIIP. 19711019 199401 2 002