Pengumuman Kelulusan Smada Prima diawali dengan Penanaman Pohon sebagai bentuk sekolah Adiwiyata

Rabu, 22 Februari 2012

Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia

Pemanfaatan Limbah Susu Kedelai Menjadi Nugget Sebagai Bahan Makanan Alternatif






























Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Biologi SMA Negeri 2 Situbondo pada :

Tanggal 25 September 2011 – 30 Oktober 2011 sebanyak 5 kali eksperimen.

Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah metode eksperimen dan metode kuisioner. Metode eksperimen dilakukan untuk mencoba mengolah limbah susu kedelai menjadi nugget. Sedangkan uji organo dilakukan untuk memperoleh data tentang rasa dan penerimaan terhadap produk nugget dari para responden.

Analisa Hasil Pengamatan

a. Rasa

Dari 55 responden yang mencicipi nugget dapat diperoleh data responden yang meyatakan sangat enak 12 panelis, enak 38 panelis, agak enak 5 panelis, sedangkan tidak ada panelis yang menyatakan tidak enak. Dari data tersebut menunjukkan bahwa secara umum responden menyatakan enak, hal ini dikarenakan semua bahan yang ditakar sudah proporsional sehingga rasanya menjadi enak.

b. Tekstur

Dari hasil uji organo diperoleh data responden yang menyatakan tekstur nugget sangat kenyal 4 panelis,39 panelis menyatakan tekstur nugget kenyal, dan tekstur agak lembek 12 panelis, sedangkan tidak ada panelis yang menyatakan tekstur nugget lembek. Dari data tersebut dapat di interpresentasikan bahwa para responden menyatakan tekstur nugget kenyal, hal ini menunujukkan bahwa komposisi pembuatan nugget sudah sesuai takaran

.

c. Kesukaan

Dari seluruh responden yang mencicipi nugget dapat diperoleh data bahwa sebagian besar panelis menyatakan suka yakni sebanyak 28 panelis, sangat suka 18 panelis, agak suka 9 panelis. Dari data tersebut menunjukkan bahwa para responden menyukai nugget dan dapat diterima oleh masyarakat (panelis).

Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa nugget yang dibuat atau diolah memiliki rasa yang enak dengan tekstur kekenyalan yang disukai masyarakat, hal ini membuktikan bahwa produk nugget yang dibuat dapat di terima oleh masyarakat.

0 komentar: